PENGERTIAN MESIN TETAS STILL AIR DAN FORCED AIR



Sering kali saya dapet pertanyaan soal apa itu still air dan apa itu forced air..dan mungkin di blog ini lah tempat saya menjelaskan soal apa itu still air dan apa itu forced air..



  • STILL AIR


STILL = masih/tetap, AIR = udara, STILL AIR = masih/tetap udara
kok rada ga nyambung ya kalo di indonesia'in..hehehehe
still air atau udara tetap biasa di aplikasikan ke dalam mesin tetas type sederhana & kapasitas sedikit, sebenernya apa sich yang namanya still air, kok bisa di sebut still air. jadi mesin tetas yang menganut system still air adalah mesin tetas yang benar benar mengandalkan rambatan panas yang dihasilkan oleh pemanas, baik itu lampu maupun element pemanas/heater lampu pijar/element pemanas atau pun matahari sekali pun yang menghasilkan atau mengeluarkan panas, yang mana panas tersebut dengan atau secara alami akan merambat kan hawa panasnya ke sekelilingnya, contohnya matahari kekuatan panas yang luar biasa, untuk mencapai ke bumi tidak lah memerlukan bantuan angin atau apapun, hawa panas itu merambat pelan tapi pasti ke arah bumi hingga yang kita rasakan di bumi ini saat siang hari, nah itu lah teori dari still air air, hawa/udara yang merambat ke permukaan yang di tuju.pada mesin penetas yang memakai system still air, seperti yang jelaskan tadi, panas yang di dapatkan sang telur adalah panas dari lampu pijar/element pemanas yang merambat ke permukaan telur, merambat secara alami.Dapat di pastikan penggunaan system seperti ini sangat lah sulit untuk mendapatkan temperatur yang seragam yang di terima oleh telur


  • FORCED AIR


FORCED = paksa, AIR = udara, FORCED AIR = paksa udara
Ya.. system forced air ada system pemaksaan udara, yang mana udara di paksakan mengalir/merambat ke permukaan yang di tuju. Apa yang memaksakannya supaya merambat ke permukaan yang di tuju, tentunya dengan tambahan bantuan alat berupa kipas angin/fan. Lalu bagaimana cara kerja’nya, cara kerjanya yaitu dengan memungsikan kipas angin/fan untuk membawa hawa/udara ke permukaan yang dituju. Aplikasi di mesin tetas system forced air sangat lah penting dan banyak di gunakan pada mesin mesin tetas yang menggunakan rak bersusun Jika rak bersusun, apakah efektif jika kita harus memasang pemanas pada masing masing raknya, lebih efektif mana jika rak bersusun itu hanya menggunakan 1 – 2 buah pemanas yang di hembuskan oleh kipas angin/fan..? tentunya sangat lebih efektif system forced air bukan. Lalu apa kelebihan lain dari system forced air, tentunya soal pemerataan suhu yang dapat di pastikan akan seragam suhu yang di dapatkan oleh telur .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN MESIN TETAS STILL AIR DAN FORCED AIR "