Ayam Batik

Sesuai dengan namanya, ayam batik memang merupakan jenis ayam yang memiliki motif batik pada bulunya. Terdapat dua jenis ayam batik yang paling dikenal oleh dunia, yaitu ayam batik Italia dan ayam batik Kanada. Ayam batik Italia adalah jenis ayam dengan motif batik pada bulu dengan perpaduan warna hitam dan putih saja. Sedangkan ayam batik Kanada, adalah jenis ayam dengan motif batik pada bulunya dengan warna dasar hitam dihiasi sedikit warna keemasan. Di negara Inggris, ayam batik dikenal dengan sebutan ayam Sebright. Nama Sebright tersebut diperoleh dari nama seorang pelopor perkembangbiakkan ayam batik di negara tersebut yaitu Sir John Saunders Sebright.
Sir John Saunders Sebright mengembangbiakkan ayam batik secara selektif, pada sekitar abad ke-19. Satwa unggas unik ini pada awalnya dikembangbiakkan dan dirawat untuk dijadikan sebagai ayam kontes atau untuk dipamerkan. Bantam Breeds ialah salah satu peternakan ayam batik yang waktu itu cukup terkenal. Dari Bantam Breeds lahirlah beberapa ayam batik generasi baru, tentunya dengan warna yang semakin beragam dan karakter masing-masing ayam yang cukup unik. Penyebaran ayam batik Italia dan Kanada kini sudah merajai dunia satwa unggas di Indonesia. Ayam batik memang diciptakan dengan bentuk tubuh yang mini atau kecil, serta telur yang kecil pula karena tujuan pengembangbiakkan ayam batik memang bukan sebagai ayam pedaging, namun ayam kontes atau ayam hias.

Bagi Anda pecinta satwa unggas, tentunya jenis ayam batik Italia sangat cocok dipelihara untuk menghiasi halaman rumah Anda. Dengan corak batik dan perpaduan warna hitam putihnya, serta ukuran tubuhnya yang kecil, maka akan sangat menyenangkan bila Anda dapat memeliharanya. Ayam batik Italia jantan memiliki berat tubuh sekitar 600 gram, sedangkan betinanya sekitar 500 gram. Selain itu, ayam batik Italia dikenal karena kelincahan dan kegesitannya, terutama ayam Italia jantan. Karena biasanya pejantan lebih gesit dan lincah daripada betina. Atau, bagi Anda yang menyukai corak warna sedikit keemasan, memelihara ayam batik Kanada mungkin cocok untuk menghiasi halaman rumah Anda. Di lingkup internasional, ayam batik Kanada sering disebut dengan
Sebright Gold. Untuk berat tubuh ayam batik Kanada jantan sama dengan ayam Italia jantan yaitu sekitar 600 gram, dan betina 500 gram. Ayam batik Kanada juga tak kalah agresif, gesit dan lincah jika dibandingkan dengan ayam batik Italia. Kedua jenis ayam batik ini termasuk jenis ayam hias yang sangat produktif karena mudah dan sering bertelur. Dalam satu tahun, ayam batik dapat bertelur sekitar 6-7 kali dengan jumlah belasan. Pada dasarnya, mengawinkan ayam batik dapat dilakukan pada saar usianya menginjak 5-6 bulan. akan tetapi untuk mendapat keturunan yang lebih matang, sebaiknya perkawinan dilakukan pada usia 8-12 bulan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Batik"