Pengobatan Pilek Pada Ayam



Sudah sering dan banyak pembahasan mengenai penyakit ini, tapi berhubung banyak yang bertanya maka saya bahas kembali, Penyakit pilek ayam atau dalam bahasa jawanya cekreh ada penyakit umum yang sering menyerang ayam baik usia kecil, muda sampai dewasa. Penyakit ini sering muncul disaat perubahan musim baik itu musim panas atau musim hujan. 

  • Pengobatan 

untuk penyakit ini sebenarnya gampang-gampang susah, bila masih tahap awal atau fase ringan masih mudah disembuhkan, namun kalo sudah masuk setadium tinggi atau berat juga susah disembuhkan dan sering disertai komplikasi penyakit lain seperti berak hijau ataupun berak kapur.
sepengalaman saya untuk fase ringan dimana hidung ayam mengeluarkan cairan dan nafsu makan masih baik, berilah vit. Dan antibiotik  seperti coryvit, 

dengan berpatokan pada petunjuk penggunaan, bila nelum ada perubahan gantilah tipe antibiotik dengan tipe yang berbeda sebelumnya dan jangan lupa ayam d jemur pagi hari.

untuk fase lebih parah biasanya saya menggunakan antibiotik atau obat tipe injeksi atau suntik,  biasanya saya pakai medoxy L suntikan 1ml/kg,

bila tidak ada perubahan ganti dengan vet strep dicampur B complex, suntikan 0,25ml/kg



demikian  pwngalaman saya mengatasi pilek pada ayam, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengobatan Pilek Pada Ayam"