Gallus sonneratii



Gallus sonneratii Adalah nama lain dari ayam hutan kelabu atau bahasa indonesianya abu-abu, ayam hutan jenis ini berasal dari india dan sri langka, salah satu yang membedakan dari ayam hutan jenis ini dengan lainya adalah pada bagian warna bulu. menurut Wikipedia 
Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua dengan bulu-bulu seperti sisik berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh.

kebiasaan ayam ini sama dengan ayam hutan lainya yaitu senang bertenger diatas pohon, habitat aslinya ada di hutan-hutan daerah india yang beriklim tropis dan bercucaca kering, seperti india bagian tengah dan bagian selatan. ayam hutan kelabu ini tergolong hewan endemik dan hidupnya lebih banyak berkelompok atau berkoloni.

ayam hutan kelabu suka memakan biji-bijian, serangga dan pucuk rumput ini seperti ayam hutan hijau yang ada di indonesia, untuk sistem perkembangbiakanya adalah rata-rata ayam betina menghasilkan 3 sampai 5 butir telur dalam sekali periode, dan dierami selama 21 hari oleh induknya.

demikian penjelasan singkat tentang Gallus sonneratii atau ayam hutan kelabu, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gallus sonneratii"