Jenis Vaksin dan Penggunaanya bagi Ayam

Bagi bagi pengalaman aja, yang sudah saya terapkan selama beberapa tahun belakangan ini cara memilih vaksin berdasarkan kebutuhan,

1. ND Hitchner B1

 Vaksin ND Hitchner B1  dikhususkan untuk pertama kali ayam yang baru netas sampai umur seminggu, jenis vaksin aktif dengan daya tahan tubuh yang akan meningkat dengan cepat, tapi akan cepat sekali menurunnya kembali, tingkat stress yang dihasilkan sangat minim atau bisa dibilang tidak ada, cara pemberian ditetes kemata, mulut atau hidung.

2. Vaksin NDClone45

Saya biasa gunakan untuk ayam baru lahir, atau ayam pertama kali kena vaksin, atau pada saat ada ayam yang terserang penyakit dengan Gejala ND vaksinasi darurat,  kenapa karena vaksin nd clone 45 dari medion ini tingkat stres pos vaksinasi sangat rendah atau bisa dibilang tidak ada. Vaksin ini berupa vaksin aktif dengan pengaktivan antibody yang sangat cepat setelah di vaksin maka vaksin dengan cepat merangsang antibody, bahkan untuk ayam yang sudah terserang ND tidak apa apa diberikan vaksinasi ini biasanya ayam yang terkena ND bisa sembuh dengan vaksin ini, tapi tidak dijamin 100% semua sembuh, pengalam saya pribadi saat belum mengenal vaksin dan kandang 100% kena ND, saya berikan ND Clone45 70% selamat sisanya mati.

Dosis yang saya pakai, 1 botol vaksin ndclone45 dosis 100 saya campur dengan air aquadestilata steril 50cc. saya suntikkan 0.5cc ke ayam umur 2.5 bulan sampai dewasa, sedangkan ayam umur dibawah 2.5bulan saya kasih tetes mata, tetes hidung atau tetes mulut, untuk ayam jumlah banyak dikasih ke air minumnya, penting diingat vaksin harus habis setelah 2 jam dibuka, jadi setelah dibuka dihabiskan atau segera dibuang jika tidak terpakai,

Sayangnya vaksin ini antibody yang dihasilkan tidak bertahan lama, kisaran 25-30 hari saja, jadi walaupun sangat cepat pengaktifan antibodynya tapi cepat juga antibody menurun, jadi sebaiknya lakukan vaksinasi dengan NDclone45 setiap bulan,

3. Vaksin ND La Sota

Vaksin ND La Sota biasa saya gunakan untuk vaksin ulangan atau revaksinasi, penting untuk vaksinas jenis ini adalah vaksin yang sangat kuat tingkat stress setelah vaksinasi agak tinggi, jadi sangat penting memeriksa kesehatan ayam sebelum divaksinasi, ayam harus dalam kondisi sehat, jika tidak akan bertambah drop dahulu. atau jika ayam sudah terserang ND terus diberikan Vaksin ND La Sota maka ayam akan tambah parah dan umumnya mati, Vaksin ND La Sota ini sama halnya NDClone45 aktiv dan cepat sekali menaikkan titer antibody, titer antibody yang di hasilkan Vaksin ND La Sota lebih kuat daripada Clone45 dan bertahan lama kira kira 30-60 hari, jadi jika menggunakan Vaksin ND La Sota revaksinasi bisa dilakukan tiap 2-3 bulan sekali.

4. Vaksin ND AI Emulsion

Vaksin ND AI Emulsion ini adalah jenis vaksin inaktiv, kelebihan vaksin ini adalah daya tahan yang panjang bisa sampai 5-6 bulan. tapi daya tahan agak lemah dibanding vaksin ND aktiv, titer antibody lambat pengaktifannya bisa 2-4 minggu kemudian setelah di berikan vaksin.
Pengalaman saya, pernah ayam tetangga kena nd terus saya vaksin ayam saya dengan Vaksin ND AI Emulsion malah ayam saya kena dan mati :D 3 hari setelah di vaksin susu, Setelah memberikan vaksin Vaksin ND AI Emulsion maka ayam akan mengalami masa stress dan rawan terserang/tertular penyakit selama 2-4 minggu setelah divaksin,  jadi hati hati.

Saran saya, program vaksinasi yang saya lakukan selama ini tidak jebol
umur sehari sampai seminggu saya gunakan vaksin ND Hitchner B1 atau ND Clone45

Setelah berumur sebulan saya berikan vaksin ND Clone45 atau ND La Sota seminggu atau dua minggu kemudian saya berikan vaksin Vaksin ND AI Emulsion  selanjutnya vaksinasi berikutnya saya mulai lagi dengan vaksin ndclone/nd lasota setelah 5 bulan setelah Vaksin ND AI Emulsion

Kenapa seperti itu, alasannya seminggu setelah vaksin NDClone45 ayam akan terlindungi oleh vaksin ND aktiv jadi terus disuntikkan ND AI Emulsion, jadi masa kritis ayam selama 2minggu dilindungi oleh vaksin ND aktiv  clone45 atau la sota-

Jangan lupa berikan vitamin dosis tinggi minimal sehari sebelum vaksinasi dan dua hari setelah vaksinasi, vitamin boleh menggunakan vita chicks, vita stress, fortevit dari medion atau pakai merek lain boleh dah
Perhatian : Vaksin sangat rentan dengan panas dan cahaya matahari, jangan sampai vaksin terkena sinar matahari atau berada di suhu yang panas, jika itu terjadi vaksin tidak akan berfungsi dan program vaksinasi gagal total wwkwkwkw
mudah mudahan bermanfaat
kalau ada yang salah tolong di koreksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Vaksin dan Penggunaanya bagi Ayam"