Cara cepat menggemukkan ayam bangkok aduan


ada beberapa hal yang harus kita lihat pada ayam yang akan kita rawat sebagai ayam aduan di antaranya:
apakah ayam yang ingin diadu tersebut dalam keadaan pucat?dalam hal ini ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan ayam aduan tersebut pucat. diantaranya disebabkan:
ayam cacingan
ayam mengalami cedera pada saat laga sebelumnya.
ayam pernah terkena virus newcastle diesendse walau ayam sudah kebal dengan penyakit ini tapi mental ayam tidak stabil.
berikut cara mengatasi:
ayam cacingan
ciri-ciri ayam cacingan biasanya muka pucat agak kekuning-kuningan, ayam kurang gairah alias banyak melamun, mental ayam lemah dan selalu lesu. caranya :
mandikan ayam pada pagi hari
jemur ayam selama 5 atau 6 jam pada terik matahari selama satu minggu atau lebih
berikan padi dan sedikit nasi dicampur pur. sebagai makanan setelah sembuh berikan beras merah,padi,nasi dan pur satu kali sehari ayam sebaiknya jangan dilepas atau juga jangan dikawinkan , ayam aduan sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan kecuali vitamin.untuk perawatan adu sebaiknya waktu jemur diperpendek menjadi 2 atau 3 jam saja. jika bagian wajah pada ayam aduan anda sudah merah gelap berarti ayam anda sudah dalam keadaan sehat.lanjutkan memberi makanan seperti diatas.
ayam mengalami cedera pada saat laga sebelumnya
ciri-ciri ayam mengalami cidera waktu laga biasanya leher ayam kurang lurus lagi terlihat agak bengkok dipangkal batang.caranya:
ayam diurut terlebih dahulu dengan cara mengapit kepala ayam dengan kedua tangan dengan posisi anda berada dibelakang ayam dengan mengapit tubuh ayam dan menarik kepala ayam kedepan secara perlahan. perlakuan seperti ini sebaiknya dilakukan satu kali saja setelah ayam di adu.
pemberian makanan sebelum sembuh berikan nasi ditambah pur, untuk makanan setelah sembuh berikan beras merah,padi,nasi dan pur satu kali sehari ayam sebaiknya jangan dilepas atau juga jangan dikawinkan. jemur ayam diterik matahari pagi agar ayam bisamenghasilkan vitamin dari kulitnya sendiri. jika anda belum merasa cukup gemuk berikan makanan berupa nasi dan pur dan beras merah saja sampai ayam siap dirawat untuk diadu.jika ayam sudah dirawat maka akan kelihatan wajah ayam sudah merah hati bukan merah agak orange, jika ayam masih merah orange pada wajah sebaiknya anda memakai cara diatas karena kemungkinan ayam anda cacingan atau terinveksi virus.
untuk perawatan adu sebaiknya waktu jemur diperpendek menjadi 2 atau 3 jam saja
ayam pernah terkena virus newcastle diesendse walau ayam sudah kebal dengan penyakit ini tapi mental ayam tidak stabil.
ciri-ciri ayam pernah terkena virus ini berarti ayam anda tidak akan mati mendadak lagi karena ayam anda telah kebal dengan virus ini, ayam yang pernah terkena virus ini memiliki ciri-ciri :
  • wajah merah tapi kelihatan merah orange
  • bulu ayam kusam
  • mental ayam lemah alias selalu merasa cemas dan ketakutan
  • biasanya bila ayam diabar, lutut ayam lemah dan mudah lelah

cara mengatasinya:
jemur ayam selama 5 jam diterik matahari jangan lupa memberikan air minum sebelumnya dan meletakkan air pada tempat ayam dijemur agar ayam tidak dehidrasi. berikan makanan berupa padi saja. lakukan sampai ayam menjadi gairah dan ribut jika anda mendekatinya dan wajah ayam sudah menjadi merah hati, kemudian untuk perawatan menggemukkan badan ayam setelah diet tadi berikan makanan seperti yang tercerah diatas tadi dan waktu menjemur ayam juga harus dipersingkat menjadi 2-3 jam saja.
Demikian saja dulu dan selamat mencoba, salam kukuruyuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara cepat menggemukkan ayam bangkok aduan"