Khasiat dan Mitos Ayam Cemani

Ayam cemani adalah ayam yang memiliki karakteristik tubuh hitam legam dan hampir seluruh tubuh hitam, kontras dengan ayam memiliki gempal postur tubuh cemani ayam yaang lebih gempal dan lemak. biasanya ayam cemani hampir mirip dengan ayam hutan, tetapi memebedakan yang bentuk tubuh ayam cemani yang hampir seluruhnya hitam, mulai dari kulit, bulu dan bahkan ayam cemani hitam kemerahan. Berbeda dengan banyak ayam yang diternakkan untuk daging dan telur ayam cemani diambil tidak begitu banyak di ternakkan karena penggemar daging ayam cenai tidak begitu banyak. cemani sendiri tidak sepopuler ayam jantan atau ayam, tapi banyak mitos yang mengatakan cemani ayam memiliki khasiat dan baik untuk kesehatan. Banyak mitos juga mengatakan bahwa cemani ayam dapat mengusir roh jahat dan mencegah dari roh-roh jahat, tapi itu semua mitos lebih atau hanya karangan masyarakat saja?. Di sini kita akan meninjau beberapa mitos yang khasiat cemani ayam percaya dapat menyembuhkan penyakit:

1. Darah ayam cemani.

Banyak yang percaya darah hitam ayam cemani bisa membuat orang kuat dalam menghadapi intum jika minuman. Ada juga banyak orang yang percaya jika cemani menggosok darah ayam untuk kepala bayi dapat membuat bayi menghindari gangguan palasik atau roh lain. Memang, dari pengamatan darah ayam cemani saya memang memiliki wrana berbeda dari darah ayam normal, tetapi secara logis dan darah ayam cemani medis belum diuji dan terbukti kebenarannya.


Banyak masyarakat Indonesia, termasuk etnis Batak percaya jika cemani pena bisa menangkal roh jahat yang akan mengganggu jika bulu disimpan dalam dompet. Banyak juka Batak suku yang percaya jika ditemukan dalam ayam hutan kehendak cemani dan menangkapnya akan mendapatkan berkah dan juga kesehatan Opung roh dari orang-orang yang telah meninggal. Karena saya sebagai penulisblog adalah keturunan dari orang-orang Batak asli saya tidak percaya itu karena itu adalah roh mistis mungkin orang mati bisa melindungi kita.

3. Minyak ayam cemani.

Selain darah dan ayam cemani bulu ternyata masuarakat juga percaya minyak ayam cemani dapat menyembuhkan luka yang mendalam seperti keseleo atau terkilir. Cara mendapatkan minyak ayam cemani sangat mudah untuk hanya tinggal mengepul cenai ayam beberapa menit saya maka kita akan mendapatkan minyak asli dari ayam cemani. Tapi ini hanya kepercayaan publik saya dalam ilmu kedokteran belum pernah dilakukan dan belum terbukti secara medis.

4. hitam ayam cemani telur

mitos telur hitam



cemani ayam biasanya digunakan sebagai persembahan selama acara-acara khusus. Seperti pada saat berjiarah atau ketika acara adat di padu dengan cemani nasi tumpeng ayam yang membuatnya begitu istimewa. Saya tidak tahu mengapa tidak menggunakan ayam atau ayam cemani ayam mengapa.?, Tapi sampai sekarang pertanyaan saya terjawab.

Sekarang bahwa beberapa mitos tentang cemani ayam yang beredar di masyarakat dan pastikan bemum dalam kebenaran. Untuk harga ayam cemani sendiri bervariasi sesuai dengan ukuran dan umur ayam, seperti di daerah saya tinggal cemani ayam dihargai 100 ribu perekornya ke ukuran normal atau usia sekitar 6 bulan untuk 20 ribu anakan biasanya perekornya. Untuk mendapatkan cemani ayam kita bisa membeli di pasar tradisional atau dapat kita beli langsung di peternakan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat dan Mitos Ayam Cemani"