Gallus Bankiva atau Ayam Hutan Merah

Ayam Hutan ( Ayam Rimba)  merah penyebarannya benar-benar luas, di mulai dari india sampai ke china serta indonesia. ada 5 sub spesies ayam rimba merah, dua salah satunya ada di indonesia, ialah gallus-gallus di sumatera serta gallus-gallus bankiva di jawa serta madura, tetapi gallus-gallus murghi ada di india serta bangladesh. gallus-gallus spadiceus di myanmar serta vietnam serta gallus-gallus jaboullei di china selatan dan pulau hainan.

ayam rimba merah ( gallus-gallus bankiva ) punya bobot dewasa jantan 0, 7 kg serta betina 0, 4 kg. ayam rimba ini mememiliki ciri jengger berwujud willah bergerigi merah, pial double, merah, bunyi kokoknya ku-ku-ru-yuk layaknya ayam jantan biasa.ayam rimba merah ( gallus-gallus ) punya kesamaan ciri dengan gallus-gallus bankiva, perbedaannya ada pada bobot ayam jantan dewasa 0, 9 - , 2 kg serta betina - 0, 7 - 0, 8 kg. kedua spesies ayam ini merupakan nenek moyang ayam buras yang ada di indonesia, yang sekarang ini banyak dipelihara sebagai penghasil telur, daging serta hewan yang paling disayangi.

Penyebaran ayam Hutan Merah


wilayah penyebaran ayam hutan merah ini saya kutip dari APAH.COM

Ayam-Hutan Merah tersebar luas di hutan tropis dan dataran rendah di benua Asia, dari Himalaya, Cina bagian Selatan, Asia Tenggara, hingga ke Sumatera dan Jawa.
Dari pred-jungle-fowl-vs-chikenenelitian Fumihito, Romanov maupun Weigend diketahui saat ini ada penambahan subspesies barn yang berhasil dikembangkan Gallus gallus domesticus dan subspesies yang berkembang di Pilipina, Mikronesia, Melanesia dan Polynesia yaitu Gallus gallus gallina, Gallus gallus micronesia dan Gallus gallus philippenisis . Khusus di Indonesia hanya terdapat dua subspecies ayam Hutan merah yaitu Gallus gallus spadiceus yang berasal dari Sumatera bagian utara, dan Gallus gallus bankiva yang berasal dari Sumatera bagian selatan, Jawa dan Bali.

Perkembangbiakan Ayam hutan Merah 

Ayam Hutan Merah hidup berkelompok, ayam jantan dengan beberapa ayam betina. Di pagi dan sore hari, mereka keluar mencari makanan di atas permukaan tanah. Pakan ayam Hutan Merah adalah biji-bijian, pucuk rumput, dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil.

Ayam betina biasanya menetaskan antara lima sampai enam butir telur berwarna coklat muda pucat atau coklat kemerahan . Anak-anak ayam Hutan Merah diasuh oleh induk betinanya . Anak ayam dapat terbang setelah berumur satu minggu .

Sejarah Ayam Hutan Merah

Ayam- Hutan Merah diyakini sebagai leluhur/nenek moyang dari ayam peliharaan . Tidak diketahui secara pasti awal domestikasi Ayam-Hutan ini, namun sudah diternakkan sejak peradaban di Lembah Indus sekitar 5000 tahun lalu .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gallus Bankiva atau Ayam Hutan Merah"