Asal Warna Hitam di Ayam Cemani


Banyak pertanyaan berkembang bagaimana warna ayam cemani bisa hitam? Mulai bulu,tulang,sampai organ organya.  Ada yang mengaitkan dengan hal hal yang non sains. Tapi kali ini saya akan memberi jawaban kenapa warna ayam cemani bisa hitam secara ilmu pengetahuan, dan didukung beberapa penelitian yang dilakukan orang luar negeri.

"Penelitian Ben Dorshorst dari Uppsala University di Swedia yang dipublikasikan di PLOS ONE pada 22 Desember 2011 mengungkap sebab musabab hitamnya ayam cemani".

Terungkap bahwa tubuh hitam ayam cemani merupakan hasil mutasi genetik yang menyebabkan kondisi fibromelanosis atau hiperpigmentasi kulit. Mutasi yang terjadi sendiri merupakan duplikasi. Duplikasi terjadi pada area tertentu genom yang menurut riset Ai Shinomiya yang dipublikasikan di jurnal Genetics tahun 2012 terdiri dari lima gen. Salah satu gen yang terdapat pada area duplikasi itu adalah endothelin3 (EDN3). Gen itu berperan dalam pembentukan protein penghasil melanosit. Mutasi pada gen itu menyebabkan ekspresi berlebihan potein pembentuk melanosit dan perkembangan ayam cemani saat masih berupa embrio. Akibatnya, ayam cemani mempunyai tubuh dan bahkan organ dalam hitam.


Dari mana asal ayam cemani? Ayam cemani berasal dari indonesia, sekali lagi saya tegaskan ayam cemani berasal dari INDONESIA, khususnya dari daerah Temanggung jawa tengah, walaupun di dunia banyak sekali ayam hitam namun Ayam cemani indonesia ini adalah yg tingkat kehitamanya paling baik diantara ayam hitam di seluruh dunia. Sudah banyak sekali orang luar negri mengimpor ayam ini, seperti vietnam, china, thailand, malaysia, turki dan negara negara eropa. Dan mereka mengakui cemani indonesia adalah ayam hitam yang baik.


demikian penjelasan saya tentang kenapa ayam cemani bisa hitam, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: